Wisata Air Terjun Coban Rondo

Wisata Air Terjun Coban Rondo

Wisata Coban Rondo 300x219 Wisata Air Terjun Coban Rondo

Wisata Air Terjun Coban Rondo

wisatabromo.co.id – Wisata Air Terjun Coban Rondo | Coban Rondo Waterfall Batu Malang. sebuah wisata air terjun yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Kurang lebih sekitar 30 km kearah barat laut pusat Kota Malang serta bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Lokasi wisata Air Terjun Coban Rondo yang merupakan bagian dari Wisata Batu Malang ini sangat mudah diakses karena jalan untuk datang ke objek wisata air terjun coban  rondo ini telah beraspal, tetapi ada beberapa jalannya agak berbelok-belok serta mendaki dikarenakan didaerah pegunungan.

Wisata Air Terjun Coban Rondo terletak pada ketinggian 1.135 meter diatas permukaan laut, air tejun ini mempunyai tinggi mencapai 84 meter, di air terjun ini berasal dari mata air Cemoro Dudo yang dapat menyalurkan air sebanyak 150 liter/detik,tetapi dimusim kemarau hanya 90 liter/detik. tempat wisata ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1980 dan merupakan dari Perum Perhutani Malang. Selain sebagai objek wisata air terjun, air di sini juga dimanfaatkan sebagai sumber air PDAM untuk masyarakat Pujon.
Untuk mencapai lokasi air terjun coban rondo ini, kita diharus berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter untuk menemukan air terjun coban rondo. Berjalan ditengah pepohonan serta udara yang sejuk memang menyenangkan sekali. Di tengah perjalanan anda akan melewati Taman Satwa serta Taman Kebun, jika waktu masih memungkinkan, dua objek wisata itu bisa menjadi tujuan selanjutnya setelah ber wisata ke air terjun coban rondo.

Wisata Air terjun Coban Rondo  yang berada di kaki Gunung Panderman ini memang memberikan panorama yang sangat luar biasa. dapat dibayangkan betapa indahnya air terjun Coban Rondo ini. Menurut warga setempat wisata Air Terjun Coban Rondo ini mempunyai asal-usul dan legenda yang telah beredar disana, kisah air terjun coban rondo diawali saat sepasang pengantin baru yang baru menginjak 36 hari pernikahannya bertekad berkunjung ke Gunung Anjasmoro, untuk melakukan prosesi ritual yang mereka yakini, tapi hal itu ditentang oleh keluarganya, dikarenakan lokasi itu sangat berbahaya.
Dengan keras kepala mereka akhirnya berangkat juga dengan membawa sedikit pengawal. Ditengah perjalanan muncullah seseorang pria yang tidak dikenal dan mencoba merebut sang istri. Tidak mau istrinya diambil pria itu, Sisuami bertarung dengan pria itu dan menyuruh para pembantu agar  menyelamatkan dan menyembunyikan sang istri di sebuah Coban yang atinya “Air Terjun”. Dalam pertikaian itu, kedua lelaki itu akhirnya tewas dan alangkah malangnya sang istri pun menjadi Rondo (istilah bahasa jawa) yang artinya “Janda”, sehingga air terjun itu diberi nama Coban Rondo. hingga sa’at ini menurut cerita mistik masyarakat setempat jika si Janda tersebut masih menunggu suaminya di Air Terjun Coban Rondo Ini, apa anda para lelaki tertarik dengan Janda yang berada di Wisata Air Terjun Coban Rondo Ini ,, ??? 🙂

Itulah sedikit kisah tentang Wisata Air Terjun Coban Rondo, jika anda mengunjungi Wisata Batu Malang, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, atau lebih mudah untuk anda, ambil saja paket kombinasi paket wisata Bromo Malang Batu Tour 3 hari 2 malam.

Baca juga wisata air terjun lainnya: Wisata Air Terjun MadakaripuraWisata Bromo

Wisata Air Terjun Coban Rondo  – Batu Malang