Tahun Baru

Tahun Baru

Tahun Baru Tahun BaruMenyambut perayaan Tahun Baru dengan cara unik dengan mengadopsi kebiasaan dari berbagai belahan dunia, kreasikan sendiri sesuai imajinasi agar jadi malam tak terlupakan.

Rayakan Tahun Baru Dengan Cara Beda
Masih ingatkah Anda bermain kembang api saat pergantian tahun lalu, sembari meniup terompet dan berakhir dengan bakar ikan dan makan bersama? Mungkin, dari tahun ke tahun, perayaan yang Anda lakukan selalu sama, sehingga kurang berkesan. Sekarang, berhubung sudah mendekati akhir tahun lagi, tak ada salahnya coba merayakan tahun baru dengan cara berbeda. Andapun bisa mengadopsi cara perayaan dari berbagai belahan dunia.

Kejutan Baru di Tahun Baru
Indonesia mungkin identik dengan perayaan bersama ratusan kembang api diikuti tiupan terompet yang di lakukan di setiap perayaan seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, Hari Raya Natal dan perayaan Tahun Baru itu sendiri. Tapi tahukah Anda banyak cara lain bisa Anda lakukan sendirian, atau bersama orang tercinta, yang akan menjadi kejutan di tahun baru ini?

  •  Mengunjungi teman lama sambil memberi kado spesial. Ini bisa Anda lakukan sebagai bentuk kejutan di tahun baru bagi orang terkasih yang sudah lama tak Anda temui. Anda bisa membawa oleh-oleh sesuatu yang disukainya, atau kue buatan Anda sendiri, lalu abadikan momen dengan bercengkrama tentang masa-masa indah Anda dengannya dulu. Hal ini biasa dilakukan oleh orang Skotlandia saat pergantian tahun, bedanya mereka hanya berkunjung ke rumah tetangga, dengan istilah the first footing sebagai harapan untuk langkah lebih baik di tahun berikutnya.
  • Kalau orang Filipina biasa merayakan malam pergantian tahun, dengan membuat dan mengenakan benda berbentuk bulat sebagai lambang keberuntungan. Anda bisa juga mengadopsi cara tersebut dengan kreasi sendiri, seperti mengenakan atau membuat sesuatu berbentuk love, bintang, bentuk bulat atau bentuk unik yang bisa Anda seragamkan dengan keluarga Anda. Lalu mulailah momen pergantian tahun dengan makan bersama di ruang keluarga atau di teras sambil menanti tahun baru tiba.
  • Buat yang hanya memiliki sedikit waktu untuk keluarga, karena sibuk kerja,momen detik pergantian tahun bisa dibuat jadi spesial. Dengan memberi kesempatan semua anggota keluarga menumpahkan uneg-uneg lewat surat atau lagu, atau bahkan puisi, yang kemudian dibacakan saat kumpul bersama. Anda bisa mengurai kedekatan luar biasa dengan orang-orang tercinta, sekaligus mengetahui apa yang mereka rasakan selama ini. Lalu, bersama-sama berkomitmen untuk menjadi lebih baik dan solid demi keutuhan keluarga. Seperti tradisi orang Belgia saat pergantian tahun yang dikenal dengan istilah Niuwjaarrsdag.

Momen Privat Tahun Baru Untuk Diri Sendiri
Tak semua orang menginginkan malam tahun baru dengan hingar bingar pesta, atau kumpul dengan banyak orang. Ada juga yang menyukai kesendirian sebagai langkah introspeksi diri dan berharap bisa jadi pribadi lebih baik. Tapi, walaupun sendiri, Anda tetap bisa melakukan sesuatu yang spesial untuk menyambut tanggal 1 Januari.

  • Di Ekuador, masyarakatnya setiap tahun baru terbiasa membuat api unggun dari foto-foto dengan kenangan pahit selama setahun lalu. Anda juga bisa melakukan hal serupa, bedanya hanya Anda melakukannya untuk diri sendiri. Kumpulkan foto yang punya kenangan tak menyenangkan bagi Anda, berikut benda atau apa saja yang mungkin menurut Anda akan meninggalkan kenangan buruk, lalu bakar. Niatkanlah Anda terbebas dari belenggu masa lalu, dan bisa menikmati masa depan lebih baik.
  • Anda baru saja kehilangan orang tercinta? Dan merasa masih ingin bersamanya hingga kapanpun? Bukan bermaksud berlarut dalam kesedihan, namun Anda bisa melewati pergantian tahun dengan membersihkan makamnya dan menyalakan lilin sambil berdoa agar diberi kekuatan super untuk tidak bersedih lagi. Cara ini ampuh dan selalu dilakukan sebagian besar orang Chili saat malam tahun baru. Hanya saja bagi Anda, cara ini bukan untuk meratapi tapi untuk menguatkan diri, karena masih banyak hal berguna yang bisa Anda lakukan tanpa mereka, dan membuat mereka bangga melihat Anda dari surga.

Tahun Baru

Bagaimanapun cara Anda merayakan tahun baru intinya sama, yaitu berharap tahun depan lebih baik dari tahun ini, serta Anda bisa memberikan yang lebih baik bagi orang-orang disekitar Anda. Jadi, tak ada salahnya keluar dari zona nyaman merayakan dengan rutinitas yang sama, karena dengan variasi cara merayakan, akan menciptakan kenangan indah yang tak terlupakan.