Sejarah Letusan Gunung Semeru

Sejarah Letusan Gunung Semeru

Sejarah Letusan Gunung Semeru 300x194 Sejarah Letusan Gunung SemeruGunung Semeru yang berlokasi di Jawa Timur ini merupakan sebuah gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung yang di kenal ketinggiannya yaitu 3.676mdpl dan menjadi lokasi wisata pendakian telah mengalami beberap letusan sejak tahun silam. Gunung Semeru untuk sebutan kawahnya Jongring Saloko mengalami letusan pertama kali pada tanggal 8 Nopember 1818, kemudian setelah itu sejak tahun 1967 hingga saat ini gunung berapi ini mengalami aktifitas vulkaniknya terus berlangsung.

Setelah kita mengetahui tentang Sejarah Gunung Semeru yang telah kita bahas sebelumnya, kali ini kami akan coba mengulas tentang Sejarah Letusan Gunung Semeru dari masa ke masa. Data ini kami ambil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pusat Volcanolagi yang merupakan Balai Taman Nasional Bromo tengger Semeru.

Pada tahun 1942: Letusan Semeru berada di ketinggian ketinggian antara 1.400 dan 1.775 m mengarah sampai di lereng sebelah timur. Titik letusan sebanyak 6 tempat. Lelehan lava yang di buang oleh semeru membuat aliran lava sepanjang 6,5 km yang masuk ke Blok Semut dan menimbuni Pos pengairan Bantengan.

Pada tahun 1961: Kali ini Letusan tipe stromboli dengan tinggi abu lk 3000 m di atas puncak mahamaru, awan panas yang keluar bahkan dilemparkan sampai Arcopodo, hutan di sekitar hulu Besuk Sat dan Besuk Tompe terlewati. Aliran lava terjadi di Kali Glidik, Besuk Sat, Besuk Bang dan Besuk Kobokan.

Pada tahun 1963: Bulan Mei terjadi awan panas yang di keluarkan mencapai 8km dan aliran lava melanda Curah Leng Rong, Kali Pancing, dan Besuk Semut.

Pada tahun 1968 : Pusat kawah Jongring Saloko mengalami pertumbuhan kubah lava yang terus berlangsung, sehingga terjadi banjir lahar yang membawa 3 korban penduduk Desa Sumber Wungkil.

Pada tahun 1977: Bulan Desember terjadi guguran lava menghasilkan awan panas, guguran berjarak 10 km di Besuk Kembar dengan volume endapan 6,4 juta m. Sebagian awan panas ini menyeleweng ke Besuk Kobokan dan menjadikan kerusakan parah pada Sawah dan Tegal seluas 110 ha di Desa Sumberurip, hutan pinus 450 ha, 2 jembatan rusak terbakar, dan menghanyutkan 2 rumah.

Pada tahun 1978: Sejarah Letusan Gunung Semeru menyebutkan pada tahun itu mengalami Letusan dengan tinggi asap mencapai 800 m di atas tepi kawah Mahamaru, dan meluncurkan guguran awan panas sejauh 7 km dari pusat semburan.

Pada tahun 1981: Bulan Maret dan April terjadi beberapa kali luncuran awan panas dengan jarak luncur maksimum 10 km. Tumpukan endapannya 6,2 juta m2, suhu endapan awan panas di dekat Dukuh Supit Tengah sebesar 120 derajat Celcius.

Pada tahun 1990: Bulan Nopember dan Desember terjadi guguran kubah lava menghasilkan awan panas dan terbukanya kawah Jonggring Seloko yang menjadikan tambah besar.

Pada tahun 1994 : Bulan Februari Semeru mengalami letusan besar dengan suara dentuman keras disertai hujan abu dan guguran lava membentuk awan panas. Aliran guguran awan panas masuk ke besuk Kobokan mencapai 11,5 km, ke Besuk kembar 7,5 km, dan besuk Bang lk 3,5 km. Volume awan panas tersebut diperkirakan 6,8 juta m mengarah ke Dusun Sumber Sari dan Kamar A Desa Oro-oro Obo Kecamatan Pronojiwo. Peristiwa ini memakan Korban yang meninggal terlanda awan panas 7 orang dan 2 orang hanyut oleh lahar.

Pada tahun 2002: Bulan Desember terjadi letusan semeru beberapa kali yang berpusat di kawah utama diikuti guguran awan panas sejauh 12 kilometer dan melewati aliran lahar Besuk Rowo Baung. Tidak ada korban dalam peristiwa ini karena tidak mengarah ke pemukiman penduduk.

Dari data di atas menjelaskan bahwa Gunung Semeru mengalami beberapa kali letusan dahsyat, meski demikian Gunung Semeru tetap menjadi sasaran utama bagi para wisatawan dalam misi menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa. jika aktifitas gunung Semeru naik maka para pengunjung di larang untuk mendaki gunung tersebut supaya tidak terjadi hal-hal yang di inginkan. Masyarakat di kawasan Lumajang juga akan mendapatkan peringatan jika terjadi lahar dingin yang kan melanda desa mereka.

Sejarah Letusan Gunung Semeru

Demikianlah ulasang tentang Sejarah Letusan Gunung Semeru yang melegenda akan keindahan dan ketinggiannya, semoga bermanfaat untuk anda pecinta Alam.