Sejarah Gunung Semeru

Sejarah Gunung Semeru

Sejarah gunung semeru 300x193 Sejarah Gunung SemeruSejarah Gunung Semeru dan cerita mistis dari legenda puncak tertinggi gunung tertinggi di pulau Jawa puncak Mahameru merupakan sebuah mitos yang menceritakan asal – usul adanya gunung Semeru pertama kali. Mungkin dalam fikiran anda hanya Bromo yang mempunyai sejarah yang melegenda tetapi gunung yang kenal dengan ketinggiannya ini mempunyai nilai sejarah yang patut di lestarikan. Gunung Semeru hingga saat ini masih menjadi salah satu gunung yang favorit untuk didaki selain Bromo dan Kawah Ijen di Banyuwangi.

Puncak Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676m dpl merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, mempunyai status gunung tertinggi di Pulau Jawa, di samping itu Puncak Mahameru menyimpan banyak mitos. Konon menurut warga sekitar yang berada di kaki gunung Semeru bahwasanya Mahameru adalah tempat bersemayamnya para Dewa. Benar atau tidak, kami akan mencoba mencari tahu informasi sebenarnya.

Baca juga: Sejarah Gunung Bromo

kisah Legenda puncak Mahameru ditulis pada kitab kuno abad 15, buku tersebut adalah kepercayaan masyarakat Jawa. Sejarah Gunung Semeru pun dimulai sejak dahulu kala Pulau Jawa mengambang di lautan luas dan terombang-ambing dipermainkan ombak. Karena kondisi pulau yang tidak bisa diam, datanglah Sang Hyang Siwa ke pulau tersebut untuk melihatnya di karenakan pulau tersebut banyak pohon Jawawut, sehingga Sang Hyang Siwa menamakan pulau tersebut dengan nama Jawa. Tapi kondisi pulau itu masih terombang ambing tak menentu oleh Ombak. Oleh karena itu Sang Dewa pun memindahkan sebuah gunung yang berada di India yaitu Gunung Meru di atas Pulau jawa. Ada beberapa dewa yang membantu untuk memindahkan gunung Meru menuju ke Pulau Jawa. Dewa Wisnu menjelma menjadi Kura – kura dan Dewa Brahma menjadi Ular Panjang, mereka mempunyai tugas masing – masing. Dewa Wisnu mempunyai tugas menggendong Gunung Meru dan Dewa Brahma bertugas membelitkan tubuhnya pada gunung dan badan Kura-kura sehingga gunung itu dapat di ankut menuju ke Pulau Jawa.

Awal mula Gunun Meru tersebut di letakkan pada bagian barat Pulau Jawa. Tetapi berat gunung itu mengakibatkan ujung pulau bagian timur terangkat ke atas. Dengan kondisi yang tidak seimbang kemudian dewa Wisnu dan Brahma memotong Gunung Meru dan meletakkannya satu di ujung timur dan satu di barat.

Setelah di letakkannya gunung bagian utama di ujung timur, pulau Jawa pun menjadi stabil. Potongan gunung yang berada di sebelah barat membentuk Gunung Pawitra, yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Pananggungan, dan bagian utama dari Gunung Meru, sekarang dikenal dengan nama Gunung Semeru. dan puncak Gunung semeru di kenal dengan sebutan Puncak Mahameru, di puncak gunung inilah diyakini para dewa bersemayam.

Dalam agama Hindu Gunung Meru dianggap sebagai rumah para dewa-dewa dan sebagai sarana penghubung antara bumi (manusia) dan kayangan. Jika kamu ingin mendengar suara dewa kamu harus semedi di puncak Gunung Meru dengan suhu udara mencapai -0 celcius. Tak ayal, hingga saat ini banyak masyarakat Jawa dan Bali masih menganggap gunung sebagai Semeru tempat kediaman Dewa-Dewa atau mahluk halus.

Warga Bali yang percaya akan hal itu Semeru di sebutnya Bapak Gunung Agung. Upacara sesaji kepada para dewa-dewa Gunung Mahameru juga dilakukan oleh orang Bali. Betapapun upacara tersebut hanya dilakukan setiap 9-12 tahun sekali hanya pada waktu orang menerima suara gaib dari dewa Gunung Mahameru. Selain upacara sesaji itu orang Bali sering datang ke Bromo untuk melakukan upacara adat Yadnya Kasada yang di akdakan setiap tahun dan mengambil Tirta Suci di Gua Widodaren.

Warga sekitar yang percaya dengan adanya tempat semayam para dewa, Mereka naik ke puncak Mahameru dengan tujuan untuk mendengar suara-suara gaib dan memohon agar diberi umur yang panjang. Bagaimanapun alasan orang naik ke puncak Mahameru, kebanyakan orang yang datang ke puncak Semeru dengan tujaun tersebut ada saja ujian yang ditakutkan seperti datangnya hantu-hantu roh leluhur yang mendiami tempat seperti hutan, bukit, pohon serta danau, adanya Ular besar, Harimau dalam jumlah banyak sehingga mengurungkan niat mereka untuk bersemedi. Banyak orang yang percaya bahwa daerah Bromo, Tengger, Semeru banyak didiami oleh mahkluk gaib. Meski demikian, kita harus percaya akan hal gaib di manapun itu berada.

Sejarah Gunung Semeru

Demikianlah seputar Sejarah Gunung Semeru yang melegenda. Gunung Mahameru merupakan salah satu gunung dengan potensi yang luar biasa. Ketinggiannya, keindahan alam berupa danau dan taman yang luas serta keindahan Milky way di Ranu Kumbolo yang begitu menakjubkan. Sebuah legenda dan misteri yang menyelimutinya merupakan aset yang perlu di jaga dan dilestarikan.