Wisata Ranu Kumbolo

Wisata Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo Wisata Ranu KumboloRanu Kumbolo yang di kenal dengan sebutan surga di kaki gunung Semeru merupakan sebuah danau air tawar yang berada di bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ranu Kumbolo sering di jadikan tempat lokasi untuk berkemah atau camping bagi para pendaki sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Semeru. Wisata Ranu Kumbolo secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Ranu kumbolo mempunyai luas 15 hektare yang berada di ketinggian 2.400meter di atas permukaan laut.

Tidak hanya Ranu kumbolo yang berada di lereng Semeru ada pula danau lainnya yang bisa anda temui ketika anda berniat untuk mendaki gunung Semeru salah satunya adalah Ranu Regulo dan Ranu pane kedua tempat ini bersebelahan dan biasanya mereka jadikan tempat singgah pertama sebelum mereka memulai  melakukan aktifitas pendakian, suasana yang sejuk dan segar membuat mereka nyaman untuk bermalam di kedua danau ini.

Wisata Ranu Kumbolo menjadi salah satu danau terindah di Indonesia, Selain Ranu Kumbolo, sisi lain dari semeru ada juga beberapa tempat yang menarik untuk di kunjungi yaitu Oro-oro Ombo sebuah taman bunga edelweis dan Kalimati. Tapi hanya di Ranu Kumbolo adalah tempat kesukaan saya.

Saat liburan tiba banyak sekali wisatawan yang datang ke Semeru untuk mencoba menaklukan gunung tertinggi di pulau jawa ini ada pula yang hanya ingin menikmati indahnya malam di wisata Ranu Kumbolo.

lantas bagaimana cara untuk menuju Ranu Kumbolo di gunung Semeru ini, berikut ini adalah tips untuk menuju lokasi obyek wisata Ranu Kumbolo.
Jika anda dari Jakarta/Bandung Jawa Barat anda bisa naik kereta api langsung menuju kota Malang naik Kereta Api Gajayana, atau Matarmaja. Bisa juga menggunakan jalur udara transit di Bandara Abdurrahman Saleh Malang. Tiba di kota Malang kemudian menuju Ranu Pane dengan menyewa Jip atau Hardtop atau menyewa mobil travel yang bisa anda dapatkan secara online.
Jika menggunakan rute ala backpacker anda bisa naik angkot menuju pasar Tumpang, lalu naik truk sampai di Ranu Pane dengan hanya membayar kisaran harga Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000 per orang tapi dalam kisaran jumlah peserta banyak supaya harga bisa lebih murah. Saran saya untuk  keberangkatan paling siang jam 9 pagi dari Malang.

Sebelum melakukan pendakian menuju gerbang Semeru ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan yaitu:
Bawa salinan KTP dan Surat Tanda Sehat dari Rumah Sakit atau klinik terdekat, Materai 6000, membawa Sleeping Bag, Jaket tebal, Kupluk, sarung tangan, Sarung tangan, tisu, sepatu trekking, peralatan masak, logistik, obat-obatan pribadi, masker, sun block, makanan dan minuman, dan berada dalam kondisi tubuh yang kuat dan sehat.

Perlu di ingat sebelum anda memutuskan untuk menuju Ranu Kumbolo atau ingin menaklukkan gunung semeru anda perlu latihan fisik seperti olahraga teratur seperti, jogging, lari-lari kecil setiap pagi atau latian di GYM yang bisa meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh Anda ketika berada di cuaca dingin.

Perjalanan menuju Objek wisata Ranu Kumbolo
Mulanya setelah tiba di Ranu Pane anda harus melakukan registrasi kepada petugas taman wisata dengan menyerahkan foto copy KTP dan surat keterangan sehat dokter, serta membayar tiket masuk sebesar 20.000 hari biasa dan 25.000 hari libur selanjutnya anda bisa melakukan pendakian dengan melewati jalur watu Rejeng yaitu jalur yang telah di resmikan oleh pihak perhutani setempat.

Perjalanan ke onjek Wisata Ranu Kumbolo memakan waktu 4 jam perjalanan dengan melewati 4 pos yang berada di setiap perjalanan, dari gerbang semeru sampai ke Pos 1 di tempuh selama 2 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang landai dan setapak, kemudian pos 1 ke pos 2 di tempuh selama 15 menit, selanjutnya dari pos 2 ke pos 3 di tempuh selama 30 menit kemudian dari pos 3 ke pos 4 di tempuh selama 1,5 jam, dari pos 4 itu lah anda telah berhasil sampai di objek wisata Ranu Kumbolo.
Ketika anda berada di ranu kumbolo anda tidak boleh melakukan hal-hal yang merusak kelestarian alam Ranu Kumbolo seperti mandi, buang air, membuang sampah sembarangan, corat-coret dan membakar sampah.

Wisata Ranu Kumbolo

Menikmati obyek wisata ranu kumbolo yang paling di nantikan adalah ketika pagi tiba yaitu anda bisa menikmati matahari terbit dari ujung bukit yang begitu indah, di samping itu anda bisa melakukan aktifitas lainnya seperti selfi atau mencoba tantangan di tanjakan cinta untuk menemukan cinta sejati anda :D. Cobalah untuk datang ketempat kami jika anda mulai tertarik untuk menjelajahinya. Selamat Liburan.