Milky way di Ranu Kumbolo

Milky way di Ranu Kumbolo

milky way di ranu kumbolo 300x201 Milky way di Ranu KumboloBerburu fenomena alam Milky Way di Ranu Kumbolo yang begitu menakjubkan kini menjadi sasaran utama para photographer yang ingin mendapatkan sebuah gambar dengan konsep alami. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki gunung semeru mahameru dengan ketinggian 2.900m dpl dan luas sekitar 8 hektar. Ranu Kumbolo biasa di kenal sebagai surganya pendaki yang mana tempat ini adalah transit dan di jadikan lokasi camping sebelum melanjutkan perjalanan menuju Semeru.

Pesona keindahan alam Ranu Kumbolo yang paling menakjubkan adalah berupa matahari terbit (sun rise) dengan view ke danau, pemandangan alam sunrise ini yang paling bagus untuk di nikmati adalah pada bulan Mei karena sudah mendekati musim kemarau. Selain pesona keindahan matahari terbit di danau Kumbolo ada lagi yang menjadi daya tarik para photographer ketika sedang berliburan ke ranu Kumbolo adalah berburu fenomena alam Milky Way. Para photographer biasanya menyebutnya Milky way di Ranu Kumbolo di kombinasikan antara gugusan bintang dan danau kumbolo.

Melihat fenomena alam Milky Way, waktu terbaik adalah di kisaran bulan April – Agustus, lebih tepatnya yaitu di musim kemarau. Di saat malam cerah, pada tanggal muda bulan Jawa, tidak di sarankan untuk berburu Milky way pada bulan purnama, karena cahaya bulan akan sedikit mengganggu datangnya Milky wa. Fenomena alam Milky Way sangat sulit untuk dilihat di kota-kota besar karena banyaknya polusi cahaya.

Perlu di ketahui sebelum memutuskan untuk berburu fenomena alam Milky way di Ranu Kumbolo adalah pertama, suhu udara kawasan Ranu Kumbolo sangat dingin, suhu udara mulai dari 5° celcius, bahkan bisa mencapai -5° celcius. Kedua, akses dan jalur menuju ke danau Kumbolo sangat jauh, kurang lebih menghabiskan waktu selama 4 jam perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan yang berkelok dan landai. Tetapi bagi para pendaki keadaan alam tersebut sangat lah wajar dan tidak menjadikan para pendaki semeru ber putus asa untuk berburu Fenomena alam Milky Way.

Rekomendasi trip: Paket Wisata Kumbolo Bromo Kawah Ijen Api Biru

Adapun beberapa perlengkapan yang harus di bawa ketika anda akan camping di danau Kumbolo adalah Kamera berkualitas tinggi untuk dokumentasi, kamera untuk selfy, trekking pole, Sarung tangan, Jaket, Topi hangat, kacamata hitam, tisu basah dan kering, Obat-obatan Pribadi, senter di kepala (Head lamp), Sweater, Baju, Kaos menyerap keringat, Balsem untuk nyeri otot, celana panjang dan pendek serta persediaan makanan dan minuman secukupnya.

Menikmati pesona keindahan Milky way di Kumbolo memerlukan waktu 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Seperti contoh paket wisata tersebut adalah Paket Pendakian Ranu Kumbolo 3 hari 2 malam, dengan paket ini anda akan istirahat terlebih dahulu di penginapan kawasan desa ranu Pane (pintu masuk menuju Kumbolo) sebelum melanjutkan untuk perjuangan menuju ranu Kumbolo.

Milky way di Ranu Kumbolo

Mungkin itu saja artikel tentang Fenomena alam Milky way di Ranu Kumbolo, bagi Anda pecinta fotografi, Anda bisa mempelajari teknik memotret Milky Way terlebih dahulu sebelum liburan ke danau Kumbolo semeru Jawa Timur ini. Keindahan Milky Way dijamin akan membuat Anda ketagihan dan siapa tahu Anda jadi pemburu Milky Way yang sejati.