Rute dan Jalur Pendakian Gunung Semeru

Rute dan Jalur pendakian gunung Semeru

Rute dan Jalur pendakian Gunung Semeru 300x172 Rute dan Jalur Pendakian Gunung SemeruMendaki gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur ini tidaklah semudah yang kita bayangkan karena banyak sekali hal-hal yang perlu kamu siapkan, mulai dari fisik, travel budget, informasi harga tiket masuk wisata gunung semeru, informasi transport, penginapan, Rute dan jalur pendakian gunung semeru yang harus kamu pelajari serta banyak lagi informasi lainya yang perlu kamu pelajari sebelum memutuskan untuk liburan di gunung Semeru.

Gunung Semeru mungkin merupakan gunung terindah di Indonesia pasalnya gunung ini mempunyai ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut, di samping itu di kawasan gunung ini mempunyai danau-danau begitu cantik seperti Ranu Regulo (tempat camping), Ranu Pani, dan Ranu Kumbolo (tempat camping) yang sangat terkenal dengan sebutan surganya para pendaki. Tidak hanya mempunyai keindahan di sepanjang perjalanan menuju puncak, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa dengan nama puncaknya bernama Mahamaru dan kawahnya bernama Jonggring Saloko.

Gunung Semeru masih bagian dari Taman nasional Bromo Tengger Semeru, secara administratif berada di 2 kabupaten yaitu kab. Lumajang dan Kab, Malang tidak seperti Gunung Bromo meski merupakan bagian dari Taman nasional tetapi berada di area 4 kabupaten. Hal ini di karenakan gunung Semeru berada di bagian selatan gunung Bromo antara Malang dan Lumajang, oleh karena itu g. Semeru mempunyai 2 pintu masuk saja.

Setelah kita tahu tentang artikel sebelumnya yaitu berapa sih tarif masuk objek wisata gunung Semeru, nah kali ini kami akan memberikan sebuah artikel penting mengenai Rute dan Jalur pendakian gunung Semeru yang bisa dipelajari sebelum kamu berencana untuk liburan pendakian ke Gunung Semeru. kamu bisa mulai perjalanan tersebut dari 3 pintu masuk yaitu mulai dari kota Malang, Lumajang dan kota Probolinggo. Lebih lengkapnya silahkan lanjutkan membaca keterangan di Bawah Ini:

  1. Rute dan akses menuju wisata puncak gunung Semeru dari kota Malang/Batu
    Untuk para pendaki yang notabennya adalah Backpacker, Rute ini di mulai dari kota Malang (Stasiun kereta api/Bandara/Terminal bus), setelah kamu berada di kota Malang kamu bisa naik angkutan umum menuju terminal Arjosari, seteah tiba di teminal Arjosari kemudian kamu naik angkutan umum lagi menuju Pasar Tumpang, perlu di ingat angkutan Arjosari – Pasar Tumpang harus berwarna putih, Tiba di pasar Tumpang di sambung dengan naik jeep/truck menuju desa Ranu pani. Harga transport dari awal, Malang – Terminal Arjosari Rp. 5.000,-/per orang. Arjosari ke Pasar Tumpang di harga Rp. 5.000,-/per orang dan untuk sewa Jeep/Truck sayur biaya Rp.25.000,- s/d Rp. 30.000,- per orang jika peserta yang kamu bawa lebih dari 6 orang. Jangan lupa harga dinegosiasikan terlebih dahulu dengan supir Jeep/truk supaya harga per orang bisa lebih murah.Bagi kamu yang tidak mau susah rute menuju Semeru dari Malang bisa menggunakan jasa sewa transport dari Malang ke Ranu pani, sewa transport bisa kamu sewa melalui agent wisata atau dari rekomendai teman kamu yang sudah ke Semeru, dalam masalah harga sewa trasport dari Malang ke ranu pani berkisar Rp. 650.000, (max 6 peserta).
  2. Rute dan akses menuju wisata puncak gunung Semeru dari kota Probolinggo
    Bagi para pengunjung dari Surabaya yang tidak ingin melalui rute Malang, bisa dari mengambil rute dari arah Probolinggo, lebih mudahnya jika kamu sudah sampai di kota Probolinggo (stasiun kereta/Terminal bus), kamu harus naik angkutan umum/shuttle mini bus dari terminal probolinggo ke Bromo, setelah tiba di kawasan Cemoro lawang kamu harus sewa Jeep melewati area lautan pasir menuju desa ranu Pani. Harga transport backpacker adalah Rp. 25.000 per orang (rute probolinggo – Bromo) dan Rp. 600.000 1 jeep max 6 pax (Rute Bromo – ranu pani)Atau kamu bisa menggunakan jasa sewa transport dari Probolinggo ke Bromo hanya mengeluarkan biaya Rp. 500.000 (rute probolinggo – Cemoro lawang Bromo). Apabila kamu masih ingin menikmati obyek wisata bromo terlebih dahulu kamu bisa menggabungkan wisata Bromo dan wisata gunung Semeru yang berdurasi 4 hari 3 malam (Baca paketnya: Paket Wisata Bromo Semeru Trekking).
  3. Rute dan akses menuju wisata puncak gunung Semeru dari kota Lumajang
    Mengambil Rute dari Lumajang apabila kamu datang dari arah timur misal setelah mengunjungi objek wisata tanjung papuma atau dari Kawah Ijen. Rute ini di mulai dari kota Lumajang menuju desa Senduro, di lanjutkan ke Desa ranu pani (desa terakhir di kaki gunung semeru). Tidak ada angkutan umum untuk sampai ke Ranu pani dari lumajang karena melewati hutan, tetapi bisa menggunakan kendaraan bermotor atau mobil pribadi.

Ketika kamu tiba di kawasan desa ranu pani kamu bisa mendirikan tenda untuk melepas lelah setelah perjalanan jauh di dekat danau ragulo, atau jika ingin lebih praktis kamu bisa tinggal di penginapan di area desa Ranu pani.

Mendaki gunung Semeru memerlukan waktu 3 hari 2 malam dengan menginap 1 malam di danau Kumbolo, dan 1 malam menginap di Kalimati. Ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih untuk di lalui selama perjalanan menuju ke Puncak Semeru. tetapi pihak perhutani telah menetapkan 1 jalur saja untuk menjaga keselamatan para pendaki.

Jalur Pendakian ke semeru via Watu Rejeng (Desa Ranu Pane – Watu Rejeng – Ranu Kumbolo)
Sebelum memulai perjalanan menuju puncak Semeru kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di pos tiket, kamu akan dimintai surat keterangan dari dokter, materai, foto copy kartu identitas serta mengisi formulir surat pernyataan bahwasanya kamu siap untuk mengikuti semua peraturan yang berlaku selama mendaki. Kamudian kamu bisa melanjutkan perjalanan di mulai dari Gapura “Selamat Datang” jalan terus sambil mengikuti penunjuk arah jalan yang sudah ada selama perjalan ke Semeru.

Jalur awal masih mudah dengan medan landai naik turun. Target utama yang akan kita tuju adalah danau ranu kumbolo sebuah danau cantik dan sangat mempesona. Menuju ke danau kumbolo memerlukan waktu 4 jam pendakian dengan melewati 4 pos. Di mulai dari Ranu Pani menuju ke pos satu memerlukan waktu pendakian selam 2 jam dengan jalur landai dan tidak banyak tanjakan. Selama perjalanan kamu bisa bercanda ria, selfy supaya tidak terlalu capek. Tiba di pos 1 kamu bisa istirahat sambil menikmati makanan ringan dan secangkir kopi/teh hangat untuk mendapatkan energi kembali.

Menuju ke pos 2 dari pos 1 tidak lah begitu lama, hanya 15 menit saja kamu akan sampai di pos 2, rasanya tanggung kalau harus istirahat dulu, sebaiknya di lanjutkan ke pos 3, untuk tiba di pos 3 lama pendakian adalah 1 jam. Jika jalur dari pos ranu pani ke pos 1 dan ke 2 masih landai maka jalur dari pos 2 ke pos 3 mulai cukup menanjak, selama perjalan kamu akan melihat sebuah bukit yang bernama “Watu Rejeng”, mungkin bukit ini yang menjadikan nama jalur via watu Rejeng.

Tiba di pos 3, kemudian istirahat sejenak. kamu sudah melalui 3 pos masih kurang 1 pos lagi yaitu pos 4 untuk sampai di kawasan Ranu Kumbolo, hanya membutuhkan waktu 1 jam pendakian dan melalui medan menanjak dengan kemiringan 45° serta kondisi jalan penuh debu dan pasir, kamu akan segera sampai di danau indah ranu Kumbolo. Jangan lupa untuk memakai masker atau baff ya untuk melindungi pernapasan kamu dari debu yang bertebaran.

Jalur Pendakian ke Semeru via Gunung Ayek-Ayek (Ranu Pani – Ayek-Ayek – Ranu Kumbolo)
Ingin ke danau Kumbolo lebih cepat dari biasanya, gunakan jalur ini. Menuju danau Kumbolo via ayek-ayek adalah jalur pintas bagi para pendaki, tapi sayang, jalur ini tidak dibolehkan oleh pihak perhutani untuk di lalui karena medan yang curam dan berbahaya.

Setelah tiba di danau Kumbolo (2.400m dpl) menggunakan Jalur Pendakian ke semeru via Watu Rejeng yang di tempuh selama 4 jam, kamu bisa istirahat sejenak sambil melepaskan penat dan menikmati indahnya danau Kumbolo yang di kenal dengan Surganya para Pendaki. Di tempat ini kamu akan di lema oleh keindahannya, bisanya mereka lebih memilih untuk camping di area kumbolo terlebih dahulu dari pada harus melanjutkan pendakian, tetapi jangan dulu, kamu harus melanjutkan target terlebih dahulu yaitu menaklukkan puncak Mahameru kemudian barulah menikmati indahnya danau Kumbolo.

Pendakian di lanjutkan menuju Kalimati (Ranu Kumbolo – Oro Oro Ombo – Cemoro Kandang – Kalimati)
Dari ranu kumbolo, kta akan melanjutkan pendakian menuju pos Kalimati durasi 3 jam pendakian, medan yang akan di lalui landai naik turun, yang melewati Tanjakan cinta, Padang bunga edelweis di Oro-oro ombo yang dikelilingi bukit-bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Setelah tiba di pos Kalimati (2.700m dpl), kamu bisa langsung mendirikan tenda kemudian beristirahat untuk mempersiapkan pendakian akhir ke puncak Mahameru.

Kalimati – Cemoro Tunggal – Puncak Mahameru (3.676m dpl)
Pendakian dari Kalimati di mulai pada tengah malam, setelah sarapan kamu bisa memulai pendakian, tidak lupa membawa makanan snack dan minuman yang cukup supaya kamu bisa sampai di puncak dalam ke adaan fit. Tidak disarankan untuk mendaki puncak mahameru di lakukan pada pagi hari, karena jika terlalu siang di khawatirkan terjadi badai dan racun gas berbahaya.

Pendakian akan melalui medan yang berpasir dan berdebu, serta kemiringan mencapai 50 sampai dengan 60°. Mendaki selama 5 jam kamu akan sampai di puncak tertinggi Mahameru, dari atas puncak kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit serta kabut asap yang begitu luar bisa. Setelah foto selfy dan foto bareng kamu bisa turun kembali menuju pos Kalimati, dan di lanjutkan perjalanan menuju ke danau Kumbolo dengan durasi waktu yang sama.

Tiba di danau Kumbolo kamu bisa mendirikan tenda dan melakukan aktifitas lainnya seperti memancing, memasak, meng explore danau Kumbolo dan sebagainya, asal jangan sampai mandi ya, karena danau kumbolo memiliki air bersih dan dapat dimimum, sayang kan kalau air yang bisa di mimum kamu obok-obok. Malam hari jika kamu beruntung kamu bisa bangun tengah malam sambil menikmati indahnya fenomena alam milky way ranu kumbolo, dan di pagi hari kamu juga akan di sugukan oleh panorama alam matahari terbit khas Kumbolo. Setelah cukup puas dengan keindahan alam Kumbolo, kamu bisa kembali lagi menuju ke desa Ranu pani dan pulang.

Tips pendakian ke puncak Semeru hanya bisa di lakukan pada musim kemarau saja yaitu di mulai pada bulan mei sampai november. Untuk musim penghujan objek wisata gunung semeru sedang di tutup oleh pihak balai taman nasional karena adanya observasi alam untuk menjaga ke asrian alam Semeru.

Rute dan Jalur pendakian Gunung Semeru

Cukup sekian artikel tentang Rute dan Jalur pendakian Gunung Semeru, semoga bermanfaat bagi anda yang akan melakukan perjalanan pendakian ke puncak mahameru 3.676m dpl. Selamat liburan.