Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru 300x175 Harga Tiket Masuk Wisata Gunung SemeruWisata Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa tepatnya terletak di antara 2 kabupaten Malang dan Lumajang Jawa Timur, gunung Semeru banyak di kenal dan menjadi obyek wisata populer di jawa timur karena Semeru menyajikan obyek wisata alam yang indah dan sangat mempesona. Selain itu Gunung Semeru merupakan gunung aktif yang memiliki Puncak Mahameru dan kawah dengan nama Kawah Jonggring Salaoko. Kawah ini diketahui telah menewaskan beberapa pendaki yang nekad melakukan pendakian pada saat jam-jam kawah mahameru menyemburkan batu pijar dan juga pada saat Gunung Semeru sedang menunjukkan aktivitasnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru Terbaru
Untuk mengunjungi wisata gunung Semeru kita harus terlebih dahulu mempelajari hal penting mengenati semeru seperti travel tips ke gunung Semeru, persiapan ke Semeru, perlengkapan yang harus di bawa, serta Tarif masuk ke semeru terbaru atau Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru. Kali ini kami akan membahas sedikit tentang Tarif masuk ke gunung Semeru yang kini menjadi banyak perbincangan bagi kalangan pendaki, pasalnya harga tiket masuk wisata gunung Semeru sudah naik, kenaikan ini terjadi karena diperkuat dengan adanya Surat Pengumuman dari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) NomorPG.215/IV-21/BT.1/2014 tertanggal 29 April 2014. Kenaikan tarif masuk tidak hanya berlaku pada 1 objek wisata saja, objek wisata gunung lainnya seperti wisata Gunung Bromo dan wisata Kawah Ijen juga mengalamani kenaikan harga tiket masuk. Oleh karena itu banyak pendaki (khususnya asing) masih berfikir dua kali untuk melakukan pendakian ke puncak gunung Mahameru karena mahalnya tarif masuk Semeru.

Baca juga: Letak dan Lokasi Wisata Gunung Semeru

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) Malang telah menaikkan tarif pada 5 Mei 2014 yang lalu. “Penerapan tarif baru ini sudah disosialisasikan sejak lama dan saat dibuka nanti tarif baru mulai diberlakukan,: kata Ayu Dewi Utari selaku Kepala Balai Besar TNBTS kepada RRI Jumat (2/5/2014). Sejak 6 Januari 2014 sampai 03 Mei 2014, pihak BB-TNBTS menutup jalur pendakian karena ada pemulihan ekosistem alam selain itu pada musim tersebut sering terjadi badai yang sangat berbahaya untuk para pendaki.

Ayu Dewi menambahkan jika pemberlakuan kenaikan tarif ini didasarkan sejak revisi Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 1988 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor kehutanan ditetapkan.

Berikut ini adalah revisi tarif harga tiket masuk wisata gunung Semeru untuk wisatawan nusantara dan mancanegara:

  1. Wisatawan Nusantara (Indonesia)
    Tarif Lama Rp 10.000,- dan Tarif baru Rp 17.500,-. (hari kerja) – Rp. 27.500,- (Hari libur)
  2. Wisatawan Mancanegera (Turist asing)
    Tarif Lama Rp. 72.500,- dan tarif baru Rp 207.500,- (hari kerja) – Rp. 307.500,- (Hari libur)

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru

Meski banyak pihak yang masih memberatkan dengan kenaikan tarif harga tiket masuk wisata gunung Semeru terbaru ini, hasil yang di dapat akan dijadikan biaya perawatan sekitar kawasan wisata dan juga untuk membayar para petugas yang bekerja di area Taman nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan begitu mereka dapat bekerja dengan baik dalam merawat keindahan kawasan wisata gunung Semeru dan sekitarnya.